Rabu, November 26, 2014

orang tua dan anak

Setetes darah, air susu dan keringat ibu yang beliau keluarkan ketika melahirkan, menyusui dan membesarkan kita, tak kan pernah mampu kita membalasnya. ..
Setetes keringat yang ayah keluarkan untuk kita anak-anaknya ketika beliau menafkahi, mendidik dan membesarkan kita, tak kan pernah mampu kita membayarnya....
Wahai para anak, berbaktilah pada orang tua, bersabarlah dengan mereka...
Namun.......
ingatlah juga wahai para ibu dan ayah, tidak berarti darah, air susu, dan keringat yang kita keluarkan menjadikan kita orang tua yang semena-mena menuntut ini dan itu kepada anak anak kita, melihat mereka bahagia, dan berhasil menjadi manusia seutuhnya sudah merupakan kebahagian yang tiada tara bagi kita. Bahagianya anak kita adalah bahagia kita.

Sebagai anak, aku selalu merasa sangat kurang dalam berbakti pada orang tua. masih sering tidak sabar dengan mereka. Suka judes, suka galak. dan suka tidak sabar dengan mereka. Tapi apa yang mereka lakukan padaku? mereka tidak pernah meminta ini dan itu pada ku. mereka tidak pernah menuntun aku untuk memberikan ini dan itu pada mereka. Ketika aku mau memberi uang, tahukah apa yang ibuku tanyakan sebelum menerimanya? ibu ku bertanya, apakah aku juga memberi sejumlah uang kepada mertuaku. Kalau belum, hendaknya uang itu diberikan dulu kepada mertuaku. Luar biasa, sungguh luar biasa. Dan beliau pun bertanya lagi, apakah besarnya sama? karena beliau tidak mau menerima kalau uang yang diberikan padanya lebih banyak dan besar dari yang diberikan kepada mertuaku. Menurut beliau, sebagai orang tua pasti akan lebih mau mengerti anaknya, tapi sebagai anak menantu aku harus lebih mengerti mertua. 

Walaupun ketika mengatakan hal ini, beliau sedang tidak menasehati, tetapi ucapannya merupakan nasehat yang amat sangat berharga bagi aku. Menasehati dengan contoh tanpa menggurui. Sebagai orang tua, ayah ibu ku tidak pernah menuntut apapun dari anak anaknya. Menasehati dengan teladan.

Aku ingin meneladani orang tua ku dan aku pun ingin memberi teladan kepada anak anak. Agar anak-anak ku bisa menjadi anak yang baik, dan menjadi orang tua yang baik kelak.

Tidak ada komentar: