Selasa, November 30, 2010

TOMAT

Manusia tempatnya salah, tempatnya khilaf.
Tidak ada manusia yang tidak pernah salah dan khilaf, jangankan manusia, nabi sekalipun pernah melakukan ke khilafan. Tapi karena seorang Nabi adalah orang pilihan Allah, maka mereka akan segera menyadari kekeliruannya dan langsung bertobat dan tidak mengulanginya lagi.
Tetapi kalau kita, manusia biasa, yang walaupun tahu bahwa itu salah atau keliru, masih saja diteruskan kesalahan itu dengan berbagai alasan dan dalih. Dan bilapun menyadarinya dan bertobat, tak jarang kita pun akan mengulanginya lagi, dan bertobat lagi. Makanya disebut tobat Tomat alias tobat kumat.

Sebagai manusia yang lmah dan penuh dengan dosa, sering kali aku juga melakukan hal yang sama TOMAT, tobat kumat. Dengan berbagai alasan dan dalih juga. Yang paling sering menjadi dalih ku adalah, namany ajuga manusia empatnya salah, dan bukankah Tuhan Maha Pengampun.

Cuma sungguh demi Allah, aku pengen sekali menjadi orang yang benar benar tobat akan segala kesalahan dan kekhilafannya sebelum ajal menjemput. Tapi apa daya begitu susah dijalankan. Memang ada pepatah yang mengatakan 'bila ada kemauan disitu ada jalan'. tapi sungguh susah sekali itu dilakukan.

Contohnya sederhana sekali. GIBAH.Sering kali kita bergibah, barangkali hampir setiap hari. Kita tahu gibah itu dosa, gibah itu salah, tapi kenapa kita tidak dapat menahan mulut kita untuk tidak bergibah. Ada saja yang kita gibahkan. Dan bila tersadar, biasanya berujar, bukan mau gibah nih ya, tapi mau diambil hikmah dan pelajarannya. Tapi benerkah itu, tanyakan pada hati sendiri.

Jadi gimana dong. Yang namanya hidup itu suatu proses, berupaya untuk tidak berbuat kekeliruan dan tidak mengulangi kekeliruan yang sama.

Sering aku merasa diriku ini begitu buruknya selalu mengulang kesalahan dan kekeliruan yang sama. Tapi aku tetap berusaha untuk selalu kembali di jalan yang benar, semoga Allah selalu melindungi aku dan menjaga aku dari godaan setan yg terkutuk, dan allah selalu mau mengampuni segal kekhilafan kesalahan kekeliruan dan dosa dosa aku yang sering aku buat dengan sengaja atau tidak sengaja, yang sering aku lakukan berulang ulang, aminn.

Ps. lagi ngerasa banyaaaaaak bangeeet dosanya, makanya nulis ini.hiks
Ya Allah, ampunilah hambaMu ini, bila engkau tidak mengampuni aku maka aku akan menjadi orang yg celaka. amin.

Tidak ada komentar: