Senin, Februari 23, 2009

koq gitu ya

kalo kita menonton tv, dan meihat para narapidana pria ketika diadili mereka selalu mengenakan baju koko dan pici, yang diakui atau tidak baju tersebut mencirikan baju muslim bagi pria, yang menunjukkan bahwa yang mengekannya adalah seorang muslim, bahkan baju seperti itu lah yang biasa dipergunakan para santri di pesantren pesantren.

Sering terbersit rasa tak rela didalam hati ini, sehingga menimbulkan pertanyaan pertanyaan. Pertama kenapa harus memakai baju yang mencirikan kemusliman bahkan saya pernah melihat di tivi, seorang pembunuh dan pemerkosa memakai baju koko lengkap dengan picinya bahkan pada kesempatan lain orang tersebut mengenakan jubah seperti para ustad dari timur tengah itu. Apakah mereka atiadak bisa memakai baju biasa saja maksudnya kemeja biasa.

Pertanyaan kedua, kita umat muslim ingin berusaha menghapus image bahwa Islam itu teroris, tapi kenapa juga para penjahat, yang sudah jelas jelas melakukan kejahatan, pembunuhan, pemerkosaan, perampokan dll, itu disuruh mengenakan baju yang mencirikan Islam. Bukankah itu main memperburuk image tentang Islam. Menyedihkan sekali ya.

Saya pernah pergi ke suatu pengailan negeri, dan melihat para terdakwa yang mau diadili, mereka mengenakan baju koko dan pici, terus saya bertanya pada salah satu petugas pengadilan,.
saya : "pak, itu orang siapa sih kok pake baju koko gitu, emangnya dia salah apa, dari pesantren
mana (karena memang image aku orang yang sehari hari berpakaian seperti itu dari
pesantren)
petugas : bukan, dia maling motor.
saya : haah??? koq bajunya...? koq pake baju seperti itu sih?
petugas : biasa koq, biar kelihatan bersaih, dan lebih baik, didepan pak hakim.
saya : haaah? gitu tha. (ga komen deh,ikir aja ndiri)

Saya cuma bisa menghela napas yang panjaaang, dalam dan beraaaat, banget. Prihatin, prihatin banget, cuma mau bilang apa ya. Atau bagaimana menurut anda.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

giliran berbuat jahat, lupa sama Tuhan. eh.. waktu mau diadili mendadak ingat Tuhan, lengkap berpakaian muslim, biar dikira udah tobat kalee!!