Senin, Februari 02, 2009

orang kecil

Beberapa orang sering menyebut dirinya sebagai orang kecil. Sebenernya siapa sih yang disebut sebagai orang kecil. Kan tergantung siapa bicara kepada siapa, menurut aku sih. Apakah mereka yang disebut orang kecil itu adalah orang miskin, yang tinggal di pinggir kali kumuh, para pengamen, pedagang asongan, tukang ojek, supir angkot, tukang sampah atau tukang tukang lainnya atau siapa. dan siapa pula yang dikatqakan sebagai orang besar, apakah itu boss, walaupun dia itu bossnya para preman, juragan, juragan bakso, orang berpangkat, atau siapa.

Ah tapi aku ga pengen ngomongin itu sebenernya, aku pengen ngomong tentang orang yang menyebut dirinya orang kecil, tapi kelakuannya ngelebihin orang yang disebut orang besar.
Sehingga mereka bisa dan boleh berbuat semaunya dengan alasan mereka orang kecil.

Coba kita lihat, bagaimana para supir angkot kalau nyupir seenakknya sendiri, potong kanan potong kiri, berenti sembarangan, ngetem semaunya, kalau ditegur jawabnya, 'kita kan orang kecil lagi nyari makan', huh sebel banget, emangnya kalo udah orang kecil bleh gitu berbuat semaunya, enak bener ya. Tapi coba lihat, kalo narik anak skolah, huh juga semaunya, apalagi kalo yang naik angkot it anak SD, kasian deh ngeliat tuh anak anak, udah ga dianggap. Maunya apa coba.

Pernah punya pengalaman yang nyebelin sama orang yang menyebut dirinya oang kecil itu.
Dulu waktu jaman masih kuliah dulu, aku suka pake mobil jimny jangkrik, nah kalo udah di lampu merah ijo, paling sebel deh kalo didepannya metro mini yang berenti ngetem padahal lampu udah menyala ijo, diklakson klakson eh dia marah, katanya orang kecil lagi nyari makan, akhirnya pernah pada suatu hari ada metro mini, seperti biasa ngetem di lampu merah ijo padahal lampu udah enyala ijo, 'wah kalo diklakson kan ga mempan, jadi, aku sundul aja tuh metro mini kurang ajar, eh turunlah tuh kondektur dengan berkacak pinggang, (dia pikir aku takut apa, huu salah dia.) Langsung dia marah marah, katanya dia lagi nyari duit, nunggu penumpang, aku bilang aja kalo nyari duit yang bener jangan nyusahin orang lain, eh ga mau terima, dia gebrak kap mobil aku, yah kepalang tanggung kan, aku mundurin mobilku, aku tabrak lagi aja mobil dia, trus aku bentak kalo loe ngerasa orang kecil jangan belagu, kalo ga mau minggir, loe yang gue tabrak sekalian, (kaget juga dia, ga nyangka kali ada cewe yang berani ngelawan dia), akhirnya dengan menggerutu dia nyuruh sopirnya terus jalan. Kalo dia nyari ribut aku juga udah nyediain sih tuh kunci stang dan pemukul softball, lumayan buat ngemplang.

Coba, benerkan seenaknya sendiri mau menang sendiri. Emangnya kalo udah orang kecil boleh gitu berbuat yang semena mena, apalagi dengan alasan nyari makan, emangnya kalo dia ngikutin peraturan terus ga dapet duit apa. Bukankah yang namanya rejeki itu Allah yang ngatur, biar dia jungkir balik, nungging jengking, malang mlintang nglangar peraturan, tapi kalo Allah sudah bilang kamu ga akn Aku kasih rejeki hari ini, ampe nenek bejenggot juga ga bakalan tuh rejeki dateng, ya ga.

Jadi, jangan suka percaya atau terpesona deh dengan cerita cerita orang kecil. Liat liat dulu siapa yang ngomong. Kalo orang seperti itu lebih pantas disebut dengan orang berhati kecil kali . Nasehat aku, jauh jauhin deh berurusan dengan orang seperti itu. Ga guna, malah banyak ruginya.

Tidak ada komentar: